Safi Tips

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Jangan Sampai Salah!

Share :

Seperti apa, sih, cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak yang benar? Sunscreen adalah salah satu basic skincare karena berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari. Namun, sayangnya, masih banyak yang salah pilih produk. Benar, kulit memang terlindung dari sinar matahari, tapi kemudian muncul masalah lain seperti komedo dan jerawat. Nah, biar enggak salah, Safi Ladies bisa simak cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak berikut ini! 

Cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak 

Sekarang ini, ada banyak sekali sunscreen atau tabir surya yang beredar di pasaran. Banyaknya pilihan tentu membantu, tapi kadang justru bisa bikin bingung, Buat Safi Ladies yang punya tipe kulit berminyak alias oily skin, kamu bisa ikuti panduan di bawah ini:

1. Sesuaikan jenis kulit dengan formulasi sunscreen

foto: freepik.com

Sebenarnya, tiap sunscreen punya formulasi yang berbeda-beda. Namun, umumnya, formulasi sunscreen dibagi jadi tiga: physical, chemical, dan hybrid. Physical sunscreen bekerja bagai tameng yang menutupi kulit dari sengatan sinar matahari. Itulah kenapa physical sunscreen cocok digunakan oleh kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, terutama bagi yang memiliki tipe kulit cenderung berminyak. 

Sedangkan, chemical sunscreen mengubah sinar UV yang terserap ke dalam kulit agar enggak meresap ke lapisan terdalam kulit. Umumnya, sunscreen jenis ini cocok digunakan oleh kamu yang memiliki tipe kulit normal atau cenderung kering. 

Kemudian, hybrid sunscreen adalah kombinasi dari physical dan chemical sunscreen. Nah, sunscreen jenis hybrid inilah yang cocok dipakai untuk semua jenis kulit termasuk jenis kulit berminyak, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun!

2. Perhatikan angka SPF dan PA

foto: freepik.com

Selanjutnya, perhatikan angka SPF (Sun Protection Factor) yang tertera pada kemasan sunscreen. SPF adalah kode yang melambangkan tingkat perlindungan sunscreen terhadap sinar UVB. Sedangkan, PA menunjukkan tingkat perlindungan terhadap sinar UVA. Buat kulit berminyak, berapakah SPF dan PA yang sebaiknya dipilih? 

Pemilik oily skin sebaiknya pilih sunscreen SPF di atas 15. Sebab, angka SPF menunjukkan jangka waktu yang dibutuhkan kulit kamu untuk mulai memerah setelah dioleskan sunscreen. Dalam hal ini, jangka waktu tersebut dibandingkan dengan jika kamu tidak pakai sunscreen sama sekali, ya. 

Misalnya, katakanlah kulit kamu biasanya bakal memerah atau mengalami sunburn setelah 15 menit terpapar sinar matahari langsung (tanpa sunscreen). Nah, saat kamu memakai sunscreen SPF 15, dibutuhkan waktu 15 kali lebih lama atau sekitar 150 menit hingga kulit kamu mulai memerah akibat sunburn. 

Sedangkan untuk tingkat PA, sebaiknya pilih kode ++ hingga +++ yang cocok untuk negara tropis seperti Indonesia.

3. Pastikan enggak ada kandungan comedogenic

foto: freepik.com

Cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak yang selanjutnya adalah dengan melihat kandungannya. Pastikan produk pilihanmu enggak memiliki kandungan yang comedogenic, ya! 

Beberapa kandungan yang comedogenic di antaranya adalah isopropyl myristate, isopropyl palmitate, minyak kedelai, dan minyak kelapa. Namun, biasanya produk sunscreen sudah mencantumkan label seperti “non-comedogenic” atau “oil-free”. 

4. Krim, lotion, spray, atau gel?

foto: freepik.com

Selain formulasinya yang bermacam-macam, kini produk sunscreen juga hadir dalam berbagai bentuk; ada krim, lotion, spray, dan gel. Dari bermacam-macam bentuk sunscreen ini, manakah yang cocok untuk kulit berminyak? 

Untuk pemilik kulit berminyak, kamu disarankan memilih sunscreen berbentuk lotion. Ini karena lotion sunscreen punya kandungan air yang lebih banyak, jadi enggak bakal bikin kulit terasa lengket dan greasy. Lotion sunscreen pun cepat meresap dan enggak bikin kulit makin berminyak. 

5. Aplikasinya juga harus tepat!

foto: freepik.com

Setelah menemukan produk sunscreen yang pas, aplikasinya pun harus tepat. Biar sunscreen pilihan Safi Ladies bekerja optimal, gunakan dengan takaran yang pas. Takaran yang disarankan adalah sebanyak dua jari. Gunakan merata hingga area leher dan dekat telinga. Setelah itu, jangan lupa re-apply tiap dua jam sekali atau saat sunscreen sudah terasa luntur.

Safi Sun Essentials Comfort Touch Sunscreen SPF 50+ PA ++, salah satu sunscreen pilihan untuk kulit berminyak! 

Masih bingung memilih sunscreen untuk kulit berminyak? Sekarang sudah ada Safi Sun Essentials Comfort Touch Sunscreen SPF 50+ PA ++, produk hybrid sunscreen yang cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak. Hybrid sunscreen satu ini punya tekstur yang ringan, enggak berminyak, dan enggak meninggalkan residu saat dipakai. Bukan cuma itu, kandungan Hyaluron-nya membantu menghidrasi sekaligus menjaga kelembapan kulit berminyak tanpa menimbulkan rasa greasy. 

Safi Sun Essentials Comfort Touch Sunscreen SPF 50+ PA ++ juga mengandung Vitamin B5 yang memberikan nutrisi untuk kulit sehingga kulit terasa halus dan lembut. Kemudian ada Vitamin B3 antioksidan yang siap melindungi kulitmu dari paparan radikal bebas. Sunscreen ini juga sudah teruji secara dermatologi dan cocok buat kulit sensitif, lho!

Nah, itu dia cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak yang benar. Kuncinya, selalu perhatikan label dan komposisi yang tercantum pada kemasan sunscreen, ya! 

Kalau kamu masih bingung pilih-pilih sunscreen, sekarang sudah ada Safi Sun Essentials Comfort Touch Sunscreen SPF 50+ PA++. Selain memberikan perlindungan terbaik dari sinar matahari, hybrid sunscreen satu ini juga punya banyak kandungan bermanfaat lainnya, seperti Vitamin B5 dan B3 antioksidan yang akan merawat kulit berminyak secara optimal. Tunggu apa lagi? Yuk, dapatkan Safi Sun Essentials Comfort Touch Sunscreen SPF 50+ PA ++, sudah tersedia di e-commerce dan toko kosmetik terdekat!