Safi Tips

Wajib Tahu, Ini Cara Tepat Merawat Kulit Berjerawat

Share :

Rasa-rasanya jerawat selalu menjadi masalah kulit yang tidak berkesudahan. Satu jerawat sembuh, muncul dua jerawat baru di wajah. Ternyata, hal tersebut tidak hanya dialami kaum remaja saja, tetapi juga perempuan dewasa.

Foto: Pexels/vjapratama

Foto: Pexels/vjapratama

Pada umumnya, jerawat muncul karena pori-pori kulit tersumbat akibat minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Namun, ada pula jenis jerawat yang timbul akibat masalah hormonal.

Salah satu harapan para pemilik kulit acne-prone adalah jerawat bisa disamarkan dalam hitungan semalam. Faktanya, menyamarkan tampilan kulit berjerawat tak bisa dalam hitungan jam.

Foto: Pexels/Shiny Diamond

Foto: Pexels/Shiny Diamond

Meskipun demikian, kamu jangan berkecil hati. Masalah jerawat bisa disiasati dengan cara yang tepat, antara lain:

Hindari memencet jerawat

Tahukah kamu kalau kebiasaan memencet jerawat justru akan memperparah kondisi kulitmu? Di bawah kulit yang berjerawat, terdapat minyak dan kuman yang bisa menyebabkan peradangan.

Sementara itu, tangan kotor menyimpan begitu banyak bakteri. Ketika keduanya bertemu, maka jerawat akan mengalami peradangan atau menimbulkan jerawat di area wajah yang lain. Jadi, biarkan jerawat pecah dengan sendirinya, ya.

 

Kurangi konsumsi makanan berminyak dan minuman manis

Kalau kamu suka makan gorengan dan milk tea setiap hari, berarti sekarang saatnya untuk memperbaiki gaya hidup. Sebab, makanan dengan kandungan minyak tinggi dan minuman yang terlalu manis akan meningkatkan kadar gula pada tubuh.

Alhasil, kulit akan memproduksi sebum secara berlebih dan rentan terhadap inflamasi. Inilah yang memicu timbulnya jerawat. Maka dari itu, kurangi makanan berminyak maupun minuman manis. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi air mineral, buah, serta sayur.

 

Pilih produk skincare yang tepat

Untuk urusan produk skincare, pilih yang mengandung bahan aktif, seperti Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA). Keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsi AHA adalah mengeksfoliasi kulit secara lembut. Proses eksfoliasi akan mendorong pengelupasan sel kulit mati agar tergantikan oleh lapisan kulit baru yang lebih sehat dan cerah merata.

Lain halnya dengan BHA yang dapat membersihkan kulit hingga ke pori-pori dan mencegah penumpukan sel kulit mati. Selain itu, bahan aktif ini juga mampu mengontrol produksi sebum serta membantu menghaluskan tekstur kulit.

 

Gunakan bahan alami sebagai anti bakteri 

Banyak faktor yang menyebabkan jerawat, salah satunya adalah bakteri yang dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga membentuk jerawat. Salah satu bahan natural yang dapat menjadi antibacterial agent adalah Neem. Daun Neem atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan daun Mimba/Intaran merupakan tumbuhan herba asal India yang telah dipercaya sebagai bagian dari pengobatan tradisional sejak hampir 5000 tahun yang lalu. Senyawa aktif dalam Neem terbukti efektif melawan bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat.

 

Itulah kenapa Safi Research Institute menghadirkan Safi Acne Expert yang diformulasikan dengan Rapid Action Technology. Ini merupakan teknologi yang mengkombinasikan kekuatan bahan aktif dengan kandungan alami, tepatnya Neem Extract.

Manfaat dari Neem Extract adalah menenangkan sekaligus menyejukkan kulit iritasi akibat jerawat dan menyamarkan noda bekas jerawat pada wajah.

Terdiri dari Whipped Foam Sebum Cleanser, Clarifying 2-in-1 Cleanser, Sebum Control Fluid, Acne Treatment Gel, dan Soothing Gel Moisturizer, rangkaian ini telah teruji secara klinis mampu merawat serta menyamarkan tampilan kulit berjerawat hanya dalam waktu tiga hari.

Itulah tiga langkah expert dan mudah untuk merawat kulit berjerawat. Ingat, lakukan secara rutin dan jalani dengan sabar ya, ladies.

Safi Acne Expert sudah exclusive launch di Shopee, lho! Yuk, check out sekarang dan jangan sampai kehabisan, ya! 

Selamat mencoba!