Safi Tips

Rambut Rontok Berlebihan? Bisa Jadi Kamu Stres!

Share :

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya rambut rontok. Wajar, kok. Dalam satu hari, umumnya rambut akan rontok sebanyak 100 helai.  Ada sejumlah penyebab yang memicu kerontokan lebih dari itu. Dari sekian banyak penyebab, beberapa di antaranya adalah kebiasaan buruk, seperti terlalu kencang atau sering mengikat rambut, melakukan pewarnaan, dan memakai alat styling rambut.

Foto: Unsplash/Rian Adi

Foto: Unsplash/Rian Adi

Namun, tahukah kamu kalau kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh stres? Stres yang dipicu faktor emosional biasa ditemui pada orang yang mengalami patah hati, dalam kondisi berkabung, kesepian, atau merasa tertekan. Hal tersebut tidak boleh dianggap remeh dan harus segera diatasi. Sebab, stres berkepanjangan bisa memengaruhi daya tahan tubuh yang akan berakibat pada gangguan kesehatan, termasuk rambut rontok berlebihan. 

Memang, di atas sudah disebutkan bahwa rambut rontok adalah hal yang biasa terjadi dan dialami oleh semua orang. Begitu pula dengan kebotakan yang terjadi secara alami karena proses penuaan. Umumnya, rambut mengalami siklus hidup yang terdiri dari empat tahap, yaitu anagen, catagen, telogen, dan exogen. Anagen adalah masa pertumbuhan rambut pada kulit kepala yang berlangsung selama 2-6 minggu. Setelah tumbuh, rambut masuk ke fase catagen yang hanya berlangsung beberapa hari. Ini adalah fase saat folikel rambut mengecil. Kemudian, rambut berada dalam kondisi stabil yang disebut dengan fase telogen. Barulah rambut mengalami kerontokan helai demi helai pada fase terakhir, yaitu exogen.

Dalam kondisi sehat atau normal, helai rambut yang rontok akan tergantikan dengan helai rambut baru. Lain halnya jika kamu mengalami stres berat. Siklus rambut pun menjadi terganggu akibat fase pertumbuhan yang lebih cepat. Selain mempercepat kerontokan, pertumbuhan rambut juga ikut terhambat. Ketika rambut tidak mampu memulihkan diri seperti biasa, kebotakan dini pun lebih rentan terjadi.

 Foto: Unsplash/Camille Brodard

Foto: Unsplash/Camille Brodard

Itulah kenapa stres tidak boleh dibiarkan begitu saja. Salah satu cara ampuh mengatasi stres adalah dengan relaksasi, seperti melakukan ritual spa dan perawatan rambut secara menyeluruh. Untuk perawatan rambut, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mudah. Caranya, cukup luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan empat langkah mudah berikut:

Bersihkan rambut dengan Safi Hair Fall Treatment Shampoo

Diformulasikan khusus mengatasi masalah rambut rontok, Safi Hair Fall Treatment Shampoo mengandung Habbatus Sauda, Micro Bamboo Charcoal, Pro Vitamin B5, dan Wheat Protein. Kombinasi bahan-bahan alami dan halal ini telah teruji mampu membantu menutrisi sekaligus merawat rambut agar lebih kuat dan tampak tebal.

Gunakan Safi Hair Conditioner untuk menutrisi rambut

 

Mengandung ekstrak Habbatus Sauda, Olive Oil, serta Vitamin yang bekerja secara efektif menutrisi rambut kering dan bercabang.

Aplikasikan Safi Treatment Oil for Hair Fall ke seluruh batang rambut

 

Berkat kandungan Habbatus Sauda Oil, Olive Oil, dan Argan Oil, kerontokan rambut akan berkurang secara signifikan. Tidak hanya itu saja, rambut juga akan terasa lebih sehat dan lembut serta terlihat berkilau.

Semprotkan Safi Perfume Mist Hair & Hijab ke rambut dan hijabmu

 

Hadir dalam varian Aromatic Lavender dan Aromatic Rose, Safi Perfume Mist Hair & Hijab akan membuat rambutmu lebih bervolume dan wangi sepanjang hari. Formulanya juga membantu menjadikan rambut lebih lembut sekaligus sehat.

Tertarik mencoba? Dapatkan semua produk Safi Hair Xpert di semua e-commerce kesayanganmu, seperti Tokopedia, Shopee, Sociolla, JD.ID dan lainnya.

Safi Official Store Tokopedia

Safi Official Store Sociolla

Safi Official Store JD.ID

Safi Official Store Shopee