Safi Tips

Ketombe dan Rambut Rontok Bikin Tidak Nyaman? Ini Solusinya

Share :

Seperti wajah, rambut juga punya segudang masalah. Ketombe dan rambut rontok menjadi dua masalah yang paling umum dialami siapa saja. Nah, sebelum mencari tahu solusinya, pertama kamu harus mengetahui dulu penyebabnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Foto: Unsplash/Ifrah Akhter

Banyak yang berpikir kalau ketombe disebabkan oleh kebiasaan malas mencuci rambut dan merawat kulit kepala. Padahal, penyebabnya bisa karena faktor genetik atau lingkungan.

Lain lagi dengan rambut rontok yang sering dianggap sebagai masalah yang menimpa kalangan orang tua saja. Kenyataannya, anak muda juga bisa mengalaminya karena berbagai macam faktor, mulai dari hormonal, sering memakai alat dan produk hair styling, hingga kadar stres tinggi. 

Walaupun terdengar sepele, ketombe dan rambut rontok harus segera diatasi karena jika dibiarkan terus menerus, keduanya bisa mengganggu aktivitas maupun penampilanmu—apalagi sampai menurunkan rasa percaya dirimu. Jangan sampai alih-alih berkarya dan menikmati masa muda, kamu malah sibuk garuk-garuk kepala karena rasa gatal akibat ketombe atau pusing memikirkan kebotakan dini.

Foto: Unsplash/Element5 Digital

Jadi, kira-kira apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kedua masalah rambut tersebut? Ini dia solusinya.

Terapkan gaya hidup sehat

Dengan menjaga pola makan dan rajin berolahraga, secara tidak langsung kamu juga telah melakukan perawatan rambut serta kulit kepala, lho. Untuk pola makan, cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan tinggi akan protein, zat besi, serta zinc. Sebaliknya, kurangi konsumsi karbohidrat dan gula.

Kamu bisa melakukan yoga dan meditasi yang tidak hanya akan membuat badanmu tetap fit tetapi juga mengurangi tingkat stres. Sebab, ketombe dan rambut rontok juga bisa dipicu oleh stres.

Ubah kebiasaan mencuci rambut

Cucilah rambut secara rutin, yaitu setiap dua hari sekali. Jika kulit kepala berkeringat atau berminyak, kamu bisa mencoba mengakalinya dengan dry shampoo agar rambut tidak lepek.

Namun, kalau rambutmu benar-benar kotor dan terpaksa keramas, ada baiknya kamu mencuci kulit kepala saja agar terasa lebih bersih dan segar. Sebisa mungkin hindari mencuci rambutmu agar tidak bertambah kering atau rontok, ya.

Setelah mencuci rambut, pastikan kamu juga mengeringkannya secara lembut dan hati-hati. Sebab, rambut  basah justru lebih rapuh dan rentan mengalami kerusakan. Kurangi juga penggunaan hair dryer atau alat hair styling yang panas.

Pakai produk perawatan rambut yang sesuai

Beda tipe rambut, beda pula produk yang digunakan dan cara merawatnya. Sebelum asal membeli dan memakai produk, ada baiknya kamu mengetahui dulu jenis rambut serta permasalahan yang sedang dihadapi.

Misalnya, jenis rambutmu berminyak dan sedang berketombe, pilih rangkaian produk yang yang memang diformulasikan khusus untuk mengatasi ketombe. Pilih Safi Hair Xpert Anti Dandruff Shampoo yang dilengkapi dengan kandungan Micro Bamboo Charcoal yang efektif menyerap minyak berlebih. Di dalamnya juga ada Habbatussauda dan kompleks ZPT Mikro yang membantu mengurangi ketombe sejak pertama kali keramas.

Untuk rambut rontok, pakai produk yang mampu menguatkan akar dan batang rambut, seperti Safi Hair Xpert Hair Fall Treatment Shampoo. Kombinasi Habbatussauda, Micro Bamboo Charcoal, Pro-Vitamin B5, dan Wheat Protein yang terkandung di dalamnya akan membantu menutrisi kulit kepala serta rambut agar lebih kuat dan lebat.

Menariknya lagi, kedua varian ini memiliki kesegaran dan keharuman yang tahan hingga 48 jam. Rambut tidak hanya sehat terawat tetapi juga wangi sepanjang hari

Kini, Safi Hair Xpert Anti Dandruff Shampoo dan Safi Hair Xpert Hair Fall Treatment sudah tersedia di Indomaret. Kamu juga bisa mendapatkannya di semua cabang Guardian atau Watsons atau di e-commerce favoritmu, seperti Shopee, Sociolla, dan Tokopedia.

Kembalikan rasa percaya dirimu dan ucapkan selamat tinggal pada ketombe dan rambut rontok!

Safi Official Store Tokopedia

Safi Official Store Sociolla

Safi Official Store Shopee