Safi Tips

Jangan Percaya Mitos, Ini Cara yang Benar untuk Atasi Jerawat

Share :

Jerawat, oh jerawat. Masalah kulit ini memang selalu menjadi topik yang tidak pernah habis dibicarakan. Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah produksi minyak atau sebum berlebih yang menyumbat pori-pori.

Fungsi dari sebum sendiri adalah melembapkan kulit secara alami. Namun, jika kelebihan sebum bertemu dengan tumpukan sel kulit mati, kotoran, dan bakteri, maka akan menyebabkan jerawat.

Source: Photo by Agung Raharja on Unsplash

Source: Photo by Agung Raharja on Unsplash

Ada banyak cara untuk mencegah dan menghilangkan jerawat, tetapi beberapa di antaranya adalah mitos. Kira-kira apa saja, ya?

  • Sering Mencuci Muka

Masih banyak yang beranggapan bahwa mencuci muka sesering mungkin bisa mengatasi jerawat. Padahal, kebiasaan ini justru akan berakibat pada hilangnya kelembapan kulit wajah, sehingga kulit menjadi kering dan mendorong kelenjar minyak untuk memproduksi sebum lebih banyak lagi. Ketika hal ini terjadi, kulit akan lebih rentan berjerawat dan breakout.

Para ahli kulit menyarankan untuk mencuci muka sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Jumlah ini sudah cukup untuk membersihkan wajah dari minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati.

  • Menghindari Pelembap dan Tabir Surya

Salah satu mitos tentang jerawat yang paling populer adalah tidak boleh menggunakan pelembap dan tabir surya karena akan membuat kulit lebih berminyak dan memperparah kondisi jerawat.

Faktanya, kamu membutuhkan pelembap dan tabir surya agar tidak memproduksi sebum secara berlebihan dan melindungi kulit dari paparan polusi, cuaca, maupun sinar UV. Bahkan, dokter spesialis kulit pun tetap akan menyertakan pelembap dan tabir surya yang sesuai dengan kondisi kulit ke dalam rangkaian perawatan kulit.

Source: Photo by Febri Sym on Unsplash 

Source: Photo by Febri Sym on Unsplash

  • Memencet Jerawat

Jerawat memang selalu menggoda untuk dipencet, apalagi jika sedang matang-matangnya. Namun, tindakan ini ternyata bisa memicu terjadinya infeksi, sehingga bakterinya malah menyebar ke area kulit lain yang berujung pada bertambah banyaknya jerawat. Tindakan ini juga bisa menimbulkan luka dan bekas jerawat yang susah dihilangkan. Bukannya mulus, wajah malah tambah berjerawat dan bernoda. 

  • Membiarkan Jerawat

Sebagian orang, khususnya yang tidak mau ribet, percaya bahwa jerawat akan hilang dengan sendirinya jika dibiarkan begitu saja. Sebaliknya, kulit berjerawat membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra agar tidak memperparah kondisi jerawat atau menimbulkan masalah baru pada wajah.

Itulah kenapa kamu membutuhkan rangkaian skincare yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat, seperti Safi White Natural Tea Tree Oil. Selain mengandung Tea Tree Oil sebagai bahan utamanya, rangkaian skincare ini juga dilengkapi dengan Aloe Vera.

Safi White Natural Tea Tree Oil hadir dalam dua varian, yaitu Anti Acne Cleanser dan Anti Acne Cream. Keduanya membantu mengurangi sebum tanpa membuat kulit wajah terasa kering serta merawat sekaligus menyejukkan kulit berjerawat.   

Dapatkan Safi White Natural Tea Tree Oil di semua gerai Guardian dan Watsons terdekat atau di e-commerce favoritmu, seperti Shopee, Sociolla dan Tokopedia.

Safi Official Store:

Shopee

Tokopedia