Safi Tips

Hindari 5 Kebiasaan Ini agar Kulitmu Bebas dari Kusam Selama Bulan Puasa

Share :

Ketika berpuasa, tubuh menyesuaikan diri dengan pola makan dan istirahat yang berbeda. Bukan hanya berpengaruh ke energi, perubahan ini pun bisa terlihat dari kulit yang menjadi lebih kusam.

Sayangnya, masih banyak yang menganggap sepele masalah ini. Padahal bukan hanya mengganggu penampilan, hal ini juga bisa memengaruhi kesehatan kulit dalam jangka panjang.

Foto: pexels.com/Raka Miftah

Foto: pexels.com/Raka Miftah

Setidaknya, ada lima kebiasaan yang harus dihindari saat berpuasa agar kulit wajah bebas dari kusam.

Kurang minum air putih

Kurangnya hidrasi adalah penyebab paling umum dari kulit yang terlihat kusam saat berpuasa. Tidak minum dan makan di siang hari bukan berarti kamu tidak bisa memenuhi asupan cairan bagi tubuh.

Tetap minum minimal delapan gelas sehari, yakni saat sahur dan berbuka. Selain itu, kamu pun bisa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk asupan cairan dan nutrisi tambahan agar kulit tetap terhidrasi.

 

Kurang tidur

Selama bulan puasa, sebagian besar waktu istirahat kita memang sedikit terpangkas karena harus bangun dini hari untuk sahur. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. 

Coba biasakan untuk tidur lebih awal agar tubuh mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Dengan begitu, sel-sel kulit wajahmu bisa beregenerasi secara alami.

Ingat, semakin singkat durasi tidur, semakin kecil kesempatan kulit wajah untuk memperbarui sel-selnya. Sel kulit mati yang menumpuk akan membuat wajah tampak kusam.

Foto: pexels.com/Deden Dicky Ramdhani

Foto: pexels.com/Deden Dicky Ramdhani

Terlalu sering cuci muka

Tidak ada yang lebih menyegarkan dari mencuci muka di siang hari, terutama saat matahari sedang terik-teriknya. Niatnya sih ingin membersihkan wajah dari keringat, minyak, dan kotoran.

Pada kenyataannya, kamu juga menghilangkan minyak alami yang bertugas melindungi lapisan teratas kulit. Akibatnya, kulit mengalami dehidrasi dan malah memproduksi minyak secara berlebih. Inilah yang menyebabkan kulit terlihat kusam.

 

Mengonsumsi makanan berminyak

Gorengan dan fast food memang salah satu menu makanan yang enak sekaligus praktis. Sayangnya, jika dikonsumsi terlalu sering akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh dan kulit. 

Makanan yang kurang sehat juga dapat memengaruhi keseimbangan minyak alami di kulit. Selain memicu jerawat, hal ini juga akan membuat kulit menjadi tampak kusam dan kurang bercahaya. 

 

Tidak rajin merawat kulit

Inilah kesalahan yang paling sering dilakukan selama berpuasa, yaitu malas melakukan perawatan kulit wajah. Padahal, kulit wajah butuh dirawat secara rutin dan telaten agar terjaga kecantikannya.

Caranya mudah, kok. Pertama, cuci wajahmu pada pagi dan malam hari dengan sabun yang bisa mencerahkan seperti Safi White Natural Brightening Cleanser. Ada dua varian yang bisa kamu pilih, yaitu Grapefruit Extract dan Mangosteen Extract.

Buat kamu yang kulitnya cenderung kering, gunakan varian Mangosteen Extract untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulitmu. Sedangkan untuk kulit wajah yang cenderung berminyak, pilih varian yang mengandung Grapefruit Extract yang mengandung vitamin C untuk mengontrol sebum. Vitamin C ini juga dapat berperan sebagai antioksidan untuk melawan efek radikal bebas.

Setelah itu, gunakan Safi White Natural Brightening Cream–yang juga tersedia dalam dua varian, Grapefruit dan Mangosteen Extract–sebagai pelembap wajah untuk mendapatkan hasil maksimal. Krim wajah ini menjaga tampilan kulitmu agar terlihat lebih sehat, segar, dan cerah.

 

Sebelum beraktivitas, baik itu di rumah atau di luar, pastikan kamu memakai sunscreen andalan untuk menyempurnakan perlindungan kulitmu. Selesai deh. Tidak ribet, kan?

Jadi, jangan lupa perbaiki kebiasaanmu agar wajah tetap cerah bercahaya selama bulan Ramadan ya, ladies.

Dapatkan rangkaian Safi White Natural di gerai Guardian dan Watsons terdekat di kotamu. Kamu juga membelinya lewat e-commerce favorit, seperti Sociolla, Shopee, atau Tokopedia.

Safi Official Store Shopee

Safi Official Store Sociolla

Safi Official Store Tokopedia