Safi Tips

Apa Itu Maskne dan Bagaimana Mencegahnya?

Share :

Ladies, pasti kalian sudah tahu kan kalau jerawat ada bermacam-macam jenisnya? Dari sekian banyak jenis jerawat, ada dua yang paling sering menimpa kaum perempuan. Pertama adalah jerawat hormonal yang biasanya datang menjelang atau saat waktunya datang bulan.

Kemudian ada breakout yang merupakan tanda bahwa produk skincare atau makeup yang digunakan tidak cocok, entah itu karena kulitmu terlalu sensitif atau kamu punya alergi terhadap suatu kandungan.

Nah, belakangan muncul satu jenis jerawat baru bernama maskne. Fenomena baru ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi hampir seluruh dunia.

maskme image

Apa itu maskne?

Berbeda dengan jerawat hormonal dan breakout yang sudah eksis dan menjadi problematika sejak dulu, bisa dibilang maskne adalah “pendatang baru” dalam dunia kecantikan. Iya, jenis jerawat yang satu ini muncul hampir bersamaan dengan pandemi virus corona. Maskne sendiri merupakan singkatan dari mask acne. Sesuai namanya, jerawat ini timbul akibat pemakaian masker yang terlalu lama.

Yang terjadi adalah kulit mengalami gesekan berkali-kali hingga membuat micro-tears atau luka kecil. Akibatnya, bakteri dan kotoran lebih mudah masuk dan menyumbat pori-pori. Ditambah lagi dengan tingkat kelembapan yang tinggi pada area wajah yang tertutup masker. Hal inilah yang memicu produksi minyak berlebih.

Bagaimana cara mencegah maskne?

Setelah mengetahui apa itu maskne, sekarang bahas bagaimana cara mencegahnya. Dari segi perawatan kulit, ada beberapa hal yang perlu dihindari:

Pertama, jangan memakai moisturizer dengan kandungan yang terlalu “berat” untuk jenis kulit wajah. Pilihlah moisturizer yang berbahan dasar air atau dalam bentuk gel. Kalau kulitmu cenderung berjerawat, kamu bisa mencoba moisturizer yang mengandung tea tree oil.

Yang kedua adalah hindari pemakaian makeup yang terlalu tebal. Sebagai alternatif, kamu bisa mencoba tinted moisturizer yang dilengkapi dengan SPF. 

Kuncinya adalah memakai produk skincare maupun makeup seminimal mungkin. Jika diurutkan, maka produk-produk yang kamu perlukan sebelum beraktivitas di luar seharian adalah sabun wajah, toner, moisturizer, dan sunscreen atau tinted moisturizer.

Apakah hanya itu saja? Tentu tidak. Pastikan kamu mengganti maskermu maksimal setiap empat jam sekali, ya.

Lakukan double cleansing

Begitu sampai di rumah, pastikan kamu membersihkan muka secara menyeluruh. Supaya tidak ada sisa kotoran dan makeup yang tertinggal, lakukan metode double cleansing, yaitu proses membersihkan wajah sebanyak dua kali.

Pexels/ShinyDiamond

Pexels/ShinyDiamond

Sebelum mencuci muka dengan sabun wajah, gunakan produk pembersih berbahan dasar air, seperti micellar water. Pastikan produk pilihanmu memiliki formula yang ringan, tetapi efektif.

Safi Indonesia menghadirkan rangkaian Safi Naturals Micellar Water yang dilengkapi dengan bahan-bahan alami yang halal dan sudah teruji secara klinis.

Safi Naturals Micellar Water

Untuk kamu yang jenis kulit wajahnya berminyak dan gampang berjerawat, gunakan varian Safi Naturals Micellar Water with Neem Extract. Selain mampu membersihkan wajah, produk ini juga membantu mengangkat sel kulit mati, mengontrol sebum, dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Safi White Natural Anti Acne Cleanser

Setelah itu, cuci muka dengan Safi White Natural Anti Acne Cleanser yang mengandung Tea Tree Oil sebagai anti bacterial agent untuk mencegah jerawat.

Dengan kombinasi Safi Naturals Micellar Water with Neem Extract dan Safi White Natural Anti Acne Cleanser ini, kulit bebas jerawat dan cerah berseri bukan cuma impian. Dapatkan kedua produk ini di semua cabang Guardian dan Watsons atau e-commerce favoritmu, seperti Shopee, Sociolla, serta Tokopedia.

Safi Official Store Tokopedia

Safi Official Store Sociolla

Safi Official Store JD.ID

Safi Official Store Shopee