Safi Tips

Sering Pakai Masker? Ini Tips Agar Kulit Tidak Gampang Berjerawat

Share :

Welcome to the new normal, ladies! Pastinya sebagian dari kalian sudah ada yang kembali beraktivitas di luar rumah. Meskipun demikian, jangan lupa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dan keamanan, ya.

 (Foto: istock/Stefanamer)

(Foto: istock/Stefanamer)

Seperti diketahui, salah satu protokol yang wajib dilakukan adalah memakai masker di mana pun kamu berada, entah itu di kantor, mall, atau sekolah. Sayangnya, penggunaan masker yang terlalu sering bisa memicu timbulnya jerawat serta masalah kulit lainnya.

Kulit yang tertutup masker dalam jangka waktu lama akan mengalami kenaikan suhu dan peningkatan kadar kelembapan. Kondisi inilah yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.

(Foto: Pexels/Anna Shvets)

(Foto: Pexels/Anna Shvets)

Itulah kenapa kamu perlu tahu tata cara memakai masker yang benar. Berikut tipsnya:

Ganti masker sesering mungkin

Kalau sebelumnya bedak dan lipbalm termasuk beberapa barang yang selalu ada di dalam tasmu, mungkin sekarang saatnya untuk menambah masker cadangan ke dalam daftar benda wajib bawa.

Usahakan menyiapkan setidaknya dua masker cadangan agar bisa diganti sewaktu-waktu. Dengan begitu, kamu bisa mengganti maskermu setiap empat jam sekali dalam kondisi sehat.

Selain itu, jangan sampai kamu memakai ulang masker yang sudah digunakan pada hari sebelumnya. Meskipun baru sebentar digunakan atau terlihat bersih, masker bekas pakai tetap menyimpan bakteri, debu, dan kotoran.

Gunakan makeup yang breathable saat memakai masker

Ada baiknya kamu menggunakan makeup dengan formula yang breathable saat beraktivitas di luar rumah dalam jangka waktu lama. Formula makeup yang breathable ini bisa membantu mengurangi resiko penyumbatan pori-pori bagian kulit wajah yang tertutup masker.

Agar terlihat fresh, jangan lupa untuk menggunakan lip cream dengan warna yang cocok dengan skin tone kamu. Walaupun menggunakan masker, jangan lupa untuk menggunakan bedak two way cake dengan formula yang bisa menahan produksi sebum kamu ya, Ladies!

Bersihkan wajah secara menyeluruh

Dengan atau tanpa makeup, kamu tetap perlu membersihkan wajah setelah memakai masker seharian. Caranya pun tidak boleh asal-asalan dan tidak bisa sembarangan. Ada tiga tahapan yang harus kamu lakukan.

Pertama, bersihkan wajah menggunakan Safi White Expert Makeup Remover yang lembut tetapi efektif mengangkat kotoran dan makeup. Kemudian lanjutkan dengan ritual mencuci muka menggunakan Safi White Expert Purifying Cleanser agar sisa kotoran dan makeup terangkat sempurna.

Tahap terakhir adalah mengangkat sel kulit mati dan bintik hitam serta membersihkan kotoran dan sebum yang terperangkap di dalam pori-pori. Pastikan kamu memilih scrub dengan butiran kecil dan lembut, seperti Safi White Expert Deep Exfoliator. Namun, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi karena bisa membuat kulit kering dan bahkan iritasi. Cukup 2-3x dalam seminggu.

Ayo jalani new normal dengan wajah bebas jerawat. Dapatkan rangkaian lengkap Safi White Expert di semua gerai Guardian maupun Watsons atau e-commerce favoritmu, seperti Shopee, Sociolla, Lazada dan Tokopedia.

Safi Official Store Tokopedia

Safi Official Store Sociolla

Safi Official Store JD.ID

Safi Official Store Shopee